Animator Jepang

01.55 / Diposting oleh herlands.nets /


Teman-teman pasti sudah pada tahu kalo Negara Jepang itu sangat terkenal dengan pembuatan komik/manga dan animenya. Kan yak an. Banyak yang mengira kalo para pembuat animasi yang disebut dengan animator itu kaya raya, hidup enak dan segala macam jenis kemewahan.
Tapi itu kalo kamu pikir gaji animator Jepang cukup tinggi, kamu salah. Gaji resmi seorang animator muda (umur 20-30 tahun) cuma sekitar 1 juta yen atau kurang-lebih Rp.100,000,000 per tahun. Ini gaji standard terendah loh, kalo di Indonesia kita kenal dengan istilah UMR.
Selain itu, kondisi kerja para animator juga tidak memadai dengan jadwal yang super ketat, tidak ada upah lembur, tidak ada uang sakit, dan segala macamnya.
Jika dibandingkan dengan pendapatan film-film anime yang suksesnya mendunia seperti Death Note, Naruto, atau Bleach - maka para animator ini sungguh diperlakukan tidak adil.
Dari dulu pun aku kira para animator hidupnya kaya raya, gak taunya harus banyak berhemat juga.
Maka dari itu, asosiasi animator Jepang - Japan Animation Creators Association (JAniCA) mulai melakukan pembicaraan dengan petinggi-petinggi perusahaan dan pemilik studio anime untuk memperbaiki kondisi para animator Jepang. Hehehe mudah-mudahan aja berhasil yah. Sukses selalu para animator Jepang. Aku mendukungmu. hehehe

Artikel Roy Yang Lainnya



Label:

0 komentar:

Posting Komentar

selamat menikmati dan membaca, bagi anda yang ingin berkomentar silahkan tulis. terima kasih.